Lulus CPNS 2015 Murni Tanpa Sogok, Mungkinkah?

CPNS sudah menjadi seperti "Fenomena Tahunan" yang terjadi mungkin hanya di Indonesia. Setiap diselenggarakan seleksi CPNS ribuan masyarakat (disetiap kabupaten/kota) berbondong-bondong ingin ikut andil menjadi peserta seleksi CPNS, namun ketika keluar dari ruang ujian hal yang sering terdengan adalah "alah nyang luloh kana, tanyoe peurame manteng" (alah yang lulus sudah ada, kita hanya meramaikan saja).

Memang hal semacam itu sudah hampir menjadi "rahasia umum" ketika kita melihat fakta banyak peserta yang memiliki IQ tinggi (IPK terbaik saat kuliah) tetapi tidak lulus, dan adanya laporan penipuan yang dilakukan oleh oknum panitia penyelenggara seakan membenarkan jargon "jak intat linto" (antar penganten).

Tapi menurut saya hal itu juga tidak sepenuhnya benar. Sistem rekrutmen CPNS sekarang sudah lebih transparan dari pada tahun-tahun sebelumnya. Dengan menggunakan sistem CAT peserta benar-benar dituntut untuk mengusai materi yang akan diujiankan, yang harus dilakukan adalah menjadi "yang terbaik di formasinya".

Lalu mengapa yang pintar (IPK tinggi) tidak lulus?

Banyak peserta CPNS yang memiliki IQ tinggi, tergolong cerdas dan memiliku IPK terbaik saat kuliah, namun saat seleksi cpns tidak pernah mempelajari bentuk soal-soal cpns, sehingga pada saat ujian akan kebingungan dan pada umumnya mendapatkan nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka  yang telah mengetahui dan banyak berlatih dengan bentuk dan pola soal cpns. Hal ini disebabkan karena Soal CPNS tidak sama dengan sola ujian disaat kuliah.

Memang tidak mudah menjadi yang terbaik, apalagi dengan persaingan yang semakin ketat (sarjana yang sudah membludak). Namun dalam sistem CAT saingan pertama yang harus dikalahkan adalah passing grade, bila passing grade terpenuhi barulah nilai anda termasuk dalam urutan yang diperhitungkan. Untuk itu berusahalah lebih keras. "Semakin kecil modal (kemampuan) yang Anda miliki, maka usaha yang Anda lakukan harus semakin besar" karena kalau tidak Anda akan kalah bersaing dengan orang lain.

Terus Bagaimana Usaha yang harus kita lakukan?

Satu-satunya usaha agar sukses lulus CPNS adalah "Belajar".

Pelajarilah bentuk soal-soal CPNS tahun sebelumnya, bisa dengan membeli buku-buku yang berkaitan dengan soal-soal CPNS, download ebook di internet, ikut tryout (jika ada yang menyelenggarakan), dan banyak alternatif lainnya di anda sering browsing di internet.

Buku CPNS kan mahal? ya benar. Tetapi jika sebagian orang rela "membayar" puluhan juta untuk lulus CPNS mengapa kita tidak rela hanya untuk membeli buku. Bukankah kita sudah sering membeli buku? hehehe... Tapi jika anda mau yang gratis anda bisa lebih sering browsing di internet, dan kumpulkan ebook soal-soal cpns sebanyak-banyaknya. Namun yang terpenting adalah bukanlah seberapa banyak buku yang kita beli atau seberapa banyak modul (ebook) yang kita kumpul, tapi seberapa banyak (sering) dari soal-soal itu yang kita baca.

Seiring dengan usaha juga jangan lupa "Berdoa"

Walaupun anda memiliki kemampuan yang mumpuni dan usaha anda lebih keras dari yang lain, tapi janganlah lupa untuk berdoa. Karena dengan berdoa akan membuat kita lebih bersyukur dan menjauhkan kita dari sifat takabur.

Yang terakhir adalah "Sabar" dan tidak "Putus Asa"

Bila semua usaha sudah anda lakukan dan berdoa siang malam tapi hasilnya belum memuaskan, tetaplah bersabar dan jangan berputus asa. Mungkin rejeki anda ditahun ini bukanlah melalui CPNS, tetap semangat dan terus berjuang untuk CPNS tahun berikutnya. Namun yang perlu diingat adalah:
"Pekerjaan halal bukan hanya jadi PNS"
Jadi Lulus CPNS Murni tanpa Sogok itu Mungkin saja, karena saya salah satunya!

Semoga Sukses untuk kawan-kawan semua!

Jika anda ingin ikut TRYOUT CAT CPNS 2015 silahkan ikut di cpnsonline.com (Biaya pendaftar 100rban, berlaku selamanya)

0 Response to "Lulus CPNS 2015 Murni Tanpa Sogok, Mungkinkah?"

Post a Comment

PENTING!!!
1. Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM
2. Mohon untuk tidak memasukkan link aktif
3. Untuk memasukan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DISINI</i>
4. Komentar anda akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasi.

NB: Sebelum memasukkan kode silahkan parse terlebih dahulu dengan menggunakan tool konversi kode.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel