10 Bahasa Pemrograman Paling Populer di 2015

10 Bahasa Pemrograman Paling Populer di 2015 - Ada begitu banyak bahasa pemrograman yang telah diciptakan, semakin canggih dunia teknologi maka semakin banyak pula orang menciptakan bahasa pemrograman. Semuanya memiliki tujuan serta fungsiya masing-masing. Nah, jika kamu tertarik merintis karir di bidang teknologi, tidak salahnya kamu mulai belajar bahasa pemrogaman.

Menurut daftar yang dirilis oleh Mashable, setidaknya terdapat sepuluh bahasa pemrograman paling populer dan paling sering digunakan di dunia. Apa saja itu? Berikut adalah 10 bahasa pemrograman paling populer yang bisa kamu coba pelajari di tahun 2015.

1. Java
Bahasa pemrograman Java merupakan peringkat teratas bahasa pemrograman paling populer versi Mashable. Java dipandang sebagai bahasa pemrograman yang unggul dan sering digunakan untuk IoT, arsitektur perusahaan, dan komputasi awan.

Java juga menduduki ranking pertama pada sebuah survei efinancialcareers untuk kategori bahasa pemrograman paling diinginkan di Wall Street pada tahun 2015. Java juga menjadi topik persaingan paten antara Google dan Oracle. Oracle menggugat Google pada tahun 2010, mengklaim bahwa Google secara sembunyi-sembunyi memasukkan komponen bahasa Java ke Android.

2. JavaScript
Bahasa pemrograman berikutnya yaitu JavaScript. JavaScript secara luas dianggap sebagai bahasa web dan digunakan untuk menambah interaktivitas ke halaman web. Bahasa ini mendukung semua web browser termasuk Safari, Internet Explorer dan Firefox.

3. C#
Di peringkat ketiga, ada C# milik Microsoft. Microsoft mengklaim bahwa dengan menggunakan C#, kita bisa membuat aplikasi klien Windows, layanan Web XML, komponen terdistribusi, aplikasi client-server, aplikasi database, dan masih banyak lagi.

Visual C# juga menyediakan editor kode yang canggih, desain antarmuka yang nyaman, debugger yang terintegrasi, dan alat-alat lain untuk membuatnya lebih mudah untuk mengembangkan aplikasi berbasis pada bahasa C# dan .NET Framework.

4. PHP
Urutan berikutnya adalah PHP, bahasa yang menjadi kerangka bagi banyak sistem manajemen konten (CMS) masa kini termasuk WordPress. Bahasa pemrograman yang ciptakan Rasmus Lerdorf pada tahun 1994 ini dianggap sebagai alat penting untuk membangun aplikasi web modern.

5. C++
Bahasa pemrograman kelima yang layak kamu coba adalah C++. Bahasa ini banyak digunakan untuk membuat aplikasi. Bahasa C++ juga telah distandarisasi oleh International Organization for Standardization (ISO).

6. Python
Bahasa yang berorientasi pada objek, Python menghuni peringkat keenam. Dianggap sebagai bahasa pemrograman untuk semua orang, kode sumber Python tersedia secara bebas dan terbuka untuk modifikasi dan digunakan kembali.

Menurut laporan WANTED Analytics baru-baru ini, permintaan untuk ahli pemrograman Python meningkat 96,9% pada posisi data besar dalam setahun terakhir. Adapun perusahaan yang membutuhkan keahlian tersebut diantaranya Cisco, IBM, Oracle, Teradata dan Sabre.

7. C
Bahasa pemrograman berikutnya adalah C. Bahasa ini awalnya dikembangkan di AT&T Bell Labs oleh Dennis Ritchie mulai tahun 1969 sampai 1973. Menurut Mashable, C cukup diminati karena berbagai keunggulan, yakni kecil, cepat dan kuat.

8. SQL
SQL atau Structured Query Language secara umum dianggap sebagai bahasa standar untuk sistem manajemen database relasional. Sertifikasi database Microsoft SQL Server juga telah dinobatkan sebagai Sertifikasi database terbaik untuk tahun 2015.

8. Ruby
Salah satu bahasa yang bisa kamu pelajari dengan mudah adalah Ruby. Bahasa ini sering digunakan untuk pemrograman web. Ruby on Rails juga dinobatkan sebagai bahasa pemrograman paling berharga 2015 versi Quartz Max Nisen.

10. Objectivice -C
Di urutan terakhir, ada Objectivice –C. Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa utama yang digunakan untuk jaringan kabel software untuk OS X dan iOS. Namun, bahasa ini juga menghadapi persaingan ketat dengan untuk framework pemrograman Swift milik Apple.

Itulah kesepuluh bahasa pemrograman paling populer yang patut kamu pelajari di tahun 2015. Untuk bahasa pemrograman lainnya silahkan kamu searching lagi di google oke...

Referensi: http://www.tonfeb.com/2015/02/10-bahasa-pemrograman-top-yang-layak-dicoba.html

0 Response to "10 Bahasa Pemrograman Paling Populer di 2015"

Post a Comment

PENTING!!!
1. Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM
2. Mohon untuk tidak memasukkan link aktif
3. Untuk memasukan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DISINI</i>
4. Komentar anda akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasi.

NB: Sebelum memasukkan kode silahkan parse terlebih dahulu dengan menggunakan tool konversi kode.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel