PERAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM MEMAJUKAN DUNIA PENDIDIKAN

Pendahuluan
Pendidikan merupakan kebutuhan sepanjang hayat. Setiap manusia membutuhkan pendidikan, sampai kapan dan dimanapun ia berada. Pendidikan sangat penting artinya, sebab tanpa pendidikan manusia akan sulit berkembang dan bahkan akan terbelakang. Dengan demikian pendidikan harus betul-betul diarahkan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu bersaing, di samping memiliki budi pekerti yang luhur dan moral yang baik.

Tujuan pendidikan yang kita harapkan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap, mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Pendidikan harus mampu mempersiapkan warga negara agar dapat berperan aktif dalam seluruh lapangan kehidupan, cerdas, aktif, kreatif, terampil, jujur, berdisiplin dan bermoral tinggi, demokratis, dan toleran dengan mengutamakan persatuan bangsa dan bukannya perpecahan.

Dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa terdapat beberapa masalah yang harus dipecahkan bersama: diantaranya pemerataan dan perluasan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan, peningkatan govermence, dan akuntabilitas pengelolaan pendidikan. Salah satu alternative pemecahan masalah pendidikan tersebut, melalui penerapan teknologi pembelajaran, yaitu dengan mendayagunakan sumber-sumber belajar yang dirancang, dimanfaatkan, dan dikelola untuk tujuan pembelajaran.  Dengan demikian, aplikasi praktis teknologi pembelajaran dalam pemecahan masalah belajar mempunyai bentuk konkrit dengan adanya sumber belajar yang berbasis teknologi komunikasi untuk memudahkan atau memfasilitasi peserta didik dalam belajar.

Pengertian Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.

Yang mendasari sesuatu hal dapat digolongkan ke dalam teknologi komunikasi adalah:
  1. Teknologi komunikasi dapat diimplementasikan dalam sebuah alat
  2. Teknologi komunikasi dilahirkan oleh sebuah struktur sosial, ekonomi dan politik
  3. Teknologi komunikasi membawa nilai yang berasal dari struktur ekonomi , sosial dan politik tertentu
  4. Teknologi komunikasi meningkatkan kemampuan indera manusia terutama kemampuan mendengar dan melihat.

Berbeda dengan teknologi informasi yang lebih menekankan pada hasil data yang diperoleh sedangkan pada teknologi komunikasi ditekankan pada bagaimana suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan. Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat.

Pemanfaaatan Teknologi Komunikasi dalam Dunia Pendidikan
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan  pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses  pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke “on line” atau saluran, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus  berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut "cyber teaching" atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin poluper saat ini ialah e-learning yaitu satu model  pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.

Pengaruh penggunaan teknologi komunikasi telah masuk dalam dunia pendidikan, dan telah membawa dampak positif yang besar dalam sistem pendidikan di Indonesia, serta menciptakan suatu paradigma baru dalam penyelenggaraan pendidikan. Secara khusus teknologi komunikasi mempunyai kemampuan dan kontribusi yang sangat besar dalam merubah learning and teaching process, clan budaya  belajar. Perubaham paradigma ini, lebih mengarah pada terciptanya budaya learning how lo learn, dan budaya long live learning yang tidak tergantung tempat dan waktu. (Dadan Wahidin, 2009).

Keunggulan teknologi komunikasi yang diperankan oleh intenet dalam menyediakan informasi apa saja, yang ditayangkan secara multimedia, telah membawa perubahan dalam budaya belajar khususnya dalam Proses Belajar Mengajar (PBM). Saat ini, banyak lembaga pendidikan (berbagai negara, telah menyelenggarakan pendidikan jarak jauh dengan menggunakan bantuan teknologi komunikasi. pendidikan seperti ini dinamakan sebagal e-Education, e-Learning, e-Campusi, e-digital, Tele-Education, Cyber-Campus, Virtual Universiy, dll. yang juga dilengkapi dengan digital library atau virtual-library termasuk didalamnya ebook.

Pemanfaatan teknologi komunikasi untuk kegiatan pendidikan dan teknologi pendidikan itu sendiri mutlak perlu dalam rangka kegiatan belajar mengajar. Karena dengan pendekatan ilmiah, sistematis dan rasional seperti  dituntut teknologi pendidikanlah tujuan pendidikan yang efektif dan efisien akan tercapai. Di masa depan, proses belajar akan semakin mandiri; diarahkan sendiri dan dipenuhi sendiri. Ini herarti siswa perlu diberikan cukup ruang untuk mengeksplorasi, bereksperimen dan mengajari dirinya sendiri. Semakin berkembangnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi maka ini menandakan bahwa dunia pendidikan juga mengalami kemajuan.

Operator Seluler Sebagai Penyedia Layanan Data
Internet adalah satu teknologi yang mutakhir di zaman ini, selain dapat diakses dengan perangkat computer sekarang internet juga sudah sangat mudah diakses melalui perangkat seluler seperti smartphone, tablet, dll. Dengan adanya internet, sekarang kita dapat memperoleh informasi dan berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Hal ini tidak terlepas dari andil operator-operator seluler yang menyediakan akses layanan internet super unlimited, lebih cepat, lebih puas, jaringan kuat dan hemat.

XL adalah salah satu operator seluler milik PT XL Axiata Tbk ( "XL") yang menyediakan layanan seluler dan data yang turut mendukung kemajuan teknologi komunikasi dengan program-program layanan mulai dari telpon dan sms murah hingga layanan internet super unlimited, lebih cepat, lebih puas, jaringan kuat dan hemat, yang memberikan kemudahan kepada para pengguna internet melalui seluler untuk mengakses bahan-bahan pembelajaran. Semoga XL dapat mengembangkan fitur-fitur terbaru yang dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Penulis


Dzulfadhli

0 Response to "PERAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM MEMAJUKAN DUNIA PENDIDIKAN"

Post a Comment

PENTING!!!
1. Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM
2. Mohon untuk tidak memasukkan link aktif
3. Untuk memasukan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DISINI</i>
4. Komentar anda akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasi.

NB: Sebelum memasukkan kode silahkan parse terlebih dahulu dengan menggunakan tool konversi kode.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel